RoboPark merupakan wahana kegiatan riset, inovasi, serta pembelajaran Robotika dan AI yang bertujuan menghasilkan produk inovatif sekaligus inovator unggul dan berdaya saing di bidang produk robotika dan AI. Pameran robot ini menggabungkan berbagai penggiat robotik yang ada di Asia dan mengeksplorasi kerja keras serta kreativitas para inventor dalam menciptakan robot. Kegiatan ini berupaya menggambarkan bagaimana robotika berperan dalam menghubungkan manusia dengan dunia robotika serta menghadirkan inovasi kepada masyarakat.

Gloria Virginia, S.Kom., MAI., Ph.D. selaku Wakil Dekan II Fakultas Teknologi Informasi menyebutkan acara Exhibition & Workshop: ROBOPARK – Say Hi to Autobots merupakan rangkaian dari acara Informatics Anniversary Awards yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke-37 Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta. Kegiatan yang digelar pada tanggal 24-26 November 2023 di Sleman City Hall ini juga merupakan hasil kolaborasi antara Prodi Informatika UKDW dengan Indonesia Artificial Intelligence Society (IAIS).

Robopark biasanya diadakan di Jakarta, namun kali ini digelar di Yogyakarta dengan serangkaian acara seperti ekshibisi, seminar, talkshow, dan hands-on workshop terkait robotika berbasis artificial intelligence (AI). Ada lebih dari 10 robot yang ditampilkan dan bisa berinteraksi dengan manusia seperti restaurant robot, dancing robot, auto car, robot catur, juga robot DIY (Do It Yourself) bagi anak-anak usia sekolah. Selain robot yang profesional, terdapat ekshibisi dari komunitas robot di Jogja yang dapat diikuti lewat kegiatan field trip dari sekolah-sekolah (SD, SMP, SMA) ke pameran tersebut. Harapannya autonomous robot dikenal oleh sebanyak mungkin generasi muda, khususnya di Kota Pelajar ini.

Dengan demikian, kegiatan ini merupakan satu kontribusi nyata dari Prodi Informatika UKDW & IAIS dalam rangka pemenuhan target 9 juta talenta digital pada tahun 2030 di Indonesia.

Workshop dipandu oleh Dr.(cand) Yohanes Kurnia, S.T., M.M.S.I. (CEO PT. SARI Teknologi) bersama timnya yakni pakar robotik dari Korea (Robotis & On the Live). Sedangkan talkshow dengan topik “Humanoid; How Far Away is It?” dibawakan oleh Sonny Hastomo, S.Kom. (Founder 3Dolphins.ai) dan Dr.(cand) Yohanes Kurnia, S.T., M.M.S.I. Pada kesempatan tersebut, para narasumber mempresentasikan robot berbasis AI dan berinteraksi dengan peserta, serta memberi kesempatan kepada peserta untuk menggali informasi melalui sesi tanya jawab. Selain itu juga diadakan launching restaurant robot yang menguasai 200 jenis masakan serta perlombaan melawan robot catur yang sampai saat ini belum terkalahkan.

Sumber : https://www.ukdw.ac.id/kolaborasi-informatika-ukdw-dengan-iais-dalam-robopark-say-hi-to-autobots/

Recommended Articles

Leave a Reply