Ajang event INDONESIA 4.0 di depan mata, dan akan berlangsung minggu ini, dari tanggal 23-24 Agustus 2023. Seperti yang kita ketahui, INDONESIA 4.0 merupakan ajang puncak pembuktian kinerja Industry 4.0 di Indonesia. Kemenperin sebagai leading sector bidang Industry 4.0 telah memahami benar, pentingnya satu komponen utama dalam transformasi digital, khususnya transformasi industri 4.0.

No alt text provided for this image
Strategies in Industry 4.0

Salah satu hasil riset yang menarik, yang memperlihatkan teknologi-teknologi dalam Industry 4.0, yang selama ini diyakini merupakan teknologi yang menyokong Industry 4.0, seperti IoT, Blockchain, Cloud Computing, Artificial Intelligence dan Big Data Analytics.

Semua ini menunjukkan adanya tantangan utama yang harus bisa ditempuh oleh perusahaan dan instansi, diantaranya:

  • Perubahan paradigma. Making Indonesia 4.0 mengantar perubahan paradigma ini.
  • Digital Readiness, maka muncullah Index pengukuran Industri 4.0 yang dikenal dengan Indonesia Industry 4.0 Readyness Index (INDI). Dan sekarang tidak hanya perusahaan manufaktur, semua usaha, termasuk BUMN harus mengukur dirinya dengan INDI ini.
  • Financial Resources, penerapan teknologi Industri 4.0 seringkali dikaitkan dengan kemampuan finansial.
  • ICT Capabilities, setelah uang siap, maka pertanyaan berikutnya sejauh mana ICT nya siap. Itulah peran kami para pelaku teknologi.
  • Supporting Ecosystem,tidak hanya soal INDI, perlu ekosistem juga. Pemerintah membentuk SINDI (Ekosistem Industri 4.0), swasta membentuk berbagai asosiasi, perkumpulan dan komunitas. Saya terlibat dalam asosiasi APTIKNAS, ACCI yang selalu mendukung Industri 4.0. Baru-baru ini ada STARFINDO (Startup for Industri 4.0 – asosiasi baru jebolan program Startup 4 Industry Kemenperin). Ada juga WANTRI (Transformasi Digital Industri Indonesia) juga mulai berkiprah. Komunitas juga tidak terhitung. Semua saling bahu membahu dalam ekosistem Industri 4.0.
  • Human Factor, inilah yang penting dan seringkali tidak diperhatikan perusahaan. Konsep siap, dana siap, ekosistem ada, wah ternyata orangnya, karyawannya belum siap. Ini yang perlu dipersiapkan dulu MINDSET nya.
  • Organization Factor, ternyata bukan hanya orang, tapi juga organisasi juga harus menyesuaikan. Penerapan Industri 4.0 jelas akan merubah orang, merubah SOP.

Di bagan strategi juga ada detail yang kita harus siapkan. Bagaimana dengan organisasi anda?

No alt text provided for this image

Nah, kami akan membahasnya bersama beberapa panelis dari pemerintahan, swasta, dan pemain global dalam sesi yang akan saya moderatori di 23 Agustus 2023, jam 15.30 – 16.50 WIB di JIEXPO Grand Ballroom.

Pastikan kehadiran anda dengan mendaftarkan diri sebagai peserta di www.indonesia40.id . Saya nantikan kehadiran anda bisa bertemu dan berdiskusi disana.

Recommended Articles

Leave a Reply