Semenjak pandemi mereda, apa yang kembali penuh ? Mal, warung, warung kopi, hingga toko buku. Mengapa? Karena manusia Indonesia itu sangat mementingkan relasi, bertemu dengan orang secara fisik.

Ini juga yang membuat kami kembali mengangkat tema Talent Is A New Gold, Talenta Adalah Emas Baru dalam format fisik. Kegiatan ini sebelumnya berjalan dalam berbagai webinar dan e-workshop yang dilakukan selama pandemi. Tapi kami rasa, format online sudah tidak cocok sepenuhnya, karena ada bagian tertentu yang tidak bisa dipelajari, dilatih dengan cara online.

Talent Is A New Gold, TNG adalah kode kami di internal APTIKNAS (Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional) yang menyaratkan pentingnya Talenta, bahkan layaknya seperti Emas. Ini kami nyatakan dengan membuat struktur organisasi secara khusus yang membahas Talenta Digital, karena ini sangat erat dengan keberadaan kami sebagai pengusaha di bidang TIK.

Namun ternyata, memang benar, tidak hanya kepandaian teknis, berjualan saja yang diperlukan untuk bisa bersaing di masa kini. Di masa dimana ada sebagian orang belajar sendiri, menguasai produk secara teknis dan mereka tinggal langsung kontak dan membeli ke anggota APTIKNAS. Tapi juga ada bagian dimana kita harus melayani calon pelanggan, dengan beberapa hal dasar yang sangat penting.

Itulah kami melihat pentingnya kembali soft skill terutama untuk pedagang atau pengusaha, baik secara online ataupun lebih lagi, offline. Kami memulai ini dengan membuat kickoff diskusi panel antar anggota dan juga terbuka untuk publik yang akan diadakan pada tanggal 10 Mei 2023, jam 13-15, di kantor DPP APTIKNAS Jakarta.

Kami mencoba mencari narasumber yang kompeten dalam kegiatan ini, dan kami bertemu dengan Damy Heezen yang telah menjadi narasumber kami di beberapa kegiatan sebelumnya. Pengalaman uniknya menurut kami sangat membantu, dan sesuai dengan dinamika gonjang-ganjing pengusaha di bidang TIK.

No alt text provided for this image
Kegiatan 10 Mei 2023

Kegiatan Talent Is A New Gold

Tidak hanya itu, kita juga perlu narasumber yang sudah makan asam-garam dunia TIK, maka sangat cocok kehadiran Sandy Kusuma, yang selain pengusaha TIK, juga adalah Wakil Ketua Umum 1 Talenta Digital di APTIKNAS. Kombinasi ini akan dipandu bersama dengan Fanky Christian selaku Sekjen APTIKNAS.

Siapa saja yang wajib hadir ? Tentu anda yang jelas, pengusaha di bidang TIK, yang sedang bingung dan galau untuk bisa mengembangkan usaha anda dan bersaing di tengah kompetisi yang ada dengan mengembangkan talenta dalam tim anda. Kita akan mencoba mendengarkan langsung pendapat dan kekuatiran anda di dalam kegiatan ini, sekaligus merangkum apa yang APTIKNAS bisa bantu.

Setelah kegiatan ini, ada beberapa skill yang akan dilatih dalam minggu berikutnya, bersama Damy Heezen, yaitu terkait skill penting ini.

Public Speaking

Mau tidak mau, dan harus, tim anda siap untuk bisa berbicara dengan orang, dan terlebih lagi, berbicara di depan orang banyak. Produk IT bukan hanya akan digunakan orang per orang saja, tapi juga perusahaan. Tentu tidak bisa sembarangan bicara, semua berbicara dengan orang, dan orang banyak akan berbeda. Maka skill ini harus diketahui dan dilatih. Dalam waktu yang ada, kita akan berlatih dan belajar bersama Damy tentang hal ini.

No alt text provided for this image
Workshop 19 Mei 2023

Startup Principal

Selain itu, kita juga harus mengerti tentang Startup Principal. Bisnis anda mungkin harus di-pivot, disesuaikan dengan kondisi jaman now, dan ini semua membuat kita harus berpikir secara startup. Bisnis lama bisa jadi baru dan bergerak lebih lincah, bila kita menguasai hal ini.

No alt text provided for this image
Workshop 23 Mei 2023

Reading Body Language

Selain kemampuan komunikasi, sangat penting kita bisa melihat apa respon orang, terutama bahasa tubuh. Ini juga sangat penting kita miliki saat bertemu dengan konsumen, pelanggan kita.

No alt text provided for this image
Workshop 25 Mei 2023

Masterclass: The Art of Influencing

Terakhir, kita akan membahas cara untuk mempengaruhi orang lain. Ini ilmu yang sangat penting untuk siapa pun, termasuk kita pengusaha, dan bahkan untuk tim sales dan tim lain yang berinteraksi dengan pelanggan.

No alt text provided for this image
Workshop 30 Mei 2023

Semua ini dilakukan dalam kegiatan di bulan Mei ini, dan dilakukan secara onsite. Karena ini sangat membantu untuk kita bisa belajar langsung dari sumbernya, dan dilakukan di APTIKNAS. Harga khusus diberikan untuk anggota APTIKNAS, member EVENTCERDAS dan tentu saja anda yang tertarik dengan topik-topik ini untuk mengembangkan talenta anda dan tim anda.

Recommended Articles

Leave a Reply